Tanya Jawab Sahabat MammaSIP

Cari Pertanyaannya dan temukan jawaban yang tepat!

Hasil Penelusuran :

Menunda pemeriksaan dan pengobatan kanker dapat mengakibatkan kanker berkembang menjadi stadium lebih lanjut. Angka harapan hidup sangat ditentukan oleh stadium kanker payudara saat terdiagnosis. Tetap patuhi protokol kesehatan selama menjalani pemeriksaan dan pengobatan kanker payudara.

Tidak benar BH berkawat atau berwarna hitam menyebabkan kanker payudara. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payduara” - Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Terkena Kanker - Gambar dengan keterangan singkat “Kupas Mitos di Masyarakat”)

Obat yang berasal dari herbal juga harus melewati 3 fase uji klinis jika ingin dinyatakan memiliki khasiat menyembuhkan suatu penyakit. Menggunakan terapi herbal sebagai tambahan terapi medis harus hati-hati terhadap kemungkinan interaksi obat yang berbahaya. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Ragam Terapi Kanker Payudara - Gambar dengan keterangan singkat “Benarkah terapi herbal aman dan manjur?”)

Terapi yang diperbolehkan diberikan kepada pasien adalah terapi yang sudah melewati 3 fase uji klinis dan diumumkan keamanannya oleh badan kesehatan yang berwenang. Testimoni bukanlah uji klinis dan belum tentu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Ragam Terapi Kanker Payudara - Gambar dengan keterangan singkat “Bagaimana kedudukan terapi alternative untuk pengobatan kanker payudara?”)

Ya, pasien maupun penyintas kanker payudara dapat tetap menjalani kehidupan normal. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Menghadapi Diagnosis Kanker - Video “Kehidupan Pasca Terapi Kanker Payudara)

Tidak benar kemoterapi menyebabkan perburukan kondisi pasien jika diberikan sesuai indikasi. Efek samping kemoterapi umumnya dapat ditoleransi oleh pasien dengan persiapan yang baik. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Ragam Terapi Kanker Payudara - Gambar dengan keterangan singkat “Benarkah kemoterapi akan memperburuk kondisi pasien kanker?”)

Tidak selamanya kanker payudara berarti hilang payudaranya. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Ragam Terapi Kanker Payudara - Video “Kanker Payudara  Hilang Payudara - Video “Penyinta Kanker Payudara Masih Bisa Memiliki Payudara” oleh dr. Farida Briani Sobri, Sp.B(K)Onk. - Gambar dengan keterangan singkat “Operasi Payudara Konservasi untuk Mempertahankan Payudara Asli”)

Tidak semua kanker payudara harus segera dioperasi. Terapi kanker payudara sangat beragam, penentuan penanganan kanker payudara menurut keilmuan terkini adalah berdasarkan stadium dan sifat biologinya. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Prinsip Pengobatan Kanker Payudara - Gambar Tabel “Penanganan Kanker Payudara Menurut Keilmuan Terkini Adalah Berdasarkan Stadium dan Sifat Biologinya)

Penanganan kanker payudara menurut keilmuan terkini adalah berdasarkan stadium dan sifat biologinya. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Prinsip Pengobatan Kanker Payudara - Video ”Prinsip Pengobatan Kanker Payudara” oleh Dr. dr. Andhika Rachman, Sp.PD-KHOM)

Mengikuti alur pemeriksaan kelainan payudara. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Alur Pemeriksaan Kelainan Payudara - Video “Pastikan Diagnosis Dulu Sebelum Operasi” oleh Dr. dr. R. Yohana, Sp.B.(K)Onk.)

Tidak. Core biopsy merupakan standar biopsi di dunia untuk benjolan payudara karena sudah terbukti aman menurut penelitian-penelitian besar. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Alur Pemeriksaan Kelainan Payudara - Video Empower Her “Mitos dan Fakta Biopsi”)

Biopsi dilakukan untuk menegakkan diagnosis kanker payudara sebelum memulai pengobatan. Core biopsy merupakan standar biopsi di dunia untuk benjolan payudara karena sudah terbukti aman menurut penelitian-penelitian besar. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Alur Pemeriksaan Kelainan Payudara - Video Empower Her “Diagnosis Kanker Payudara”); (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Biopsi Payudara - Video “Biopsi Sesuai Standar Ilmu Terkini” oleh dr. IGN Gunawan Wibisana, Sp.B.(K)Onk.)

Tidak berbahaya. Core biopsy merupakan standar biopsi di dunia untuk benjolan payudara karena sudah terbukti aman menurut penelitian-penelitian besar. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payduara” - Alur Pemeriksaan Kelainan Payudara - Komik “Benarkah Biopsi Menyebabkan Tumor Jinak menjadi Ganas?” - Video Empower Her “Mitos dan Fakta Biopsi”)

Kebanyakan tumor, baik jinak maupun ganas, tidak nyeri atau sakit dan masih bisa digerakkan pada fase awal. Sebaiknya segera periksa ke tenaga kesehatan, jangan menunggu sampai benjolan tidak bisa digerakkan. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Kelainan Payudara - Komik (Apakah Benjolan yang Masih Bisa Digerakkan Harus Diperiksakan?)

Nyeri payudara kebanyakan bukan pertanda tumor atau kanker. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Kelainan Payudara - Gambar dengan keterangan singkat “Apakah Rasa Nyeri Pertanda Kanker?”)

Tidak benar kedelai (termasuk tahu dan tempe) menyebabkan kanker payudara. Tidak ada makanan yang pasti merupakan penyebab kanker atau sepenuhnya akan melindungi dari kanker. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Terkena Kanker - Gambar dengan keterangan singkat “Adakah makanan ajaib penolak kanker?” Gambar dengan keterangan singkat “Makanan seperti apa yang sebaiknya dipilih?”)

Tidak benar penyintas kanker payudara sama sekali tidak boleh makan daging merah. Tidak ada makanan yang pasti merupakan penyebab kanker atau sepenuhnya akan melindungi dari kanker. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Terkena Kanker - Gambar dengan keterangan singkat “Adakah makanan ajaib penolak kanker?” - Gambar dengan keterangan singkat “Makanan seperti apa yang sebaiknya dipilih?”)

Tidak benar gula adalah penyebab kanker. Tidak ada makanan yang pasti merupakan penyebab kanker atau sepenuhnya akan melindungi dari kanker. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Terkena Kanker - Gambar dengan keterangan singkat “Adakah makanan ajaib penolak kanker?” - Gambar dengan keterangan singkat “Makanan seperti apa yang sebaiknya dipilih?”)

Tidak ada makanan yang pasti merupakan penyebab kanker atau sepenuhnya akan melindungi dari kanker. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Terkena Kanker - Gambar dengan keterangan singkat “Adakah makanan ajaib penolak kanker?” - Gambar dan keterangan singkat “Makanan Seperti Apa yang Sebaiknya Dipilih?)

Lakukan SADARI sekali sebulan pada hari ke 7-15 dihitung dari haid pertama. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Skrining dan Pemeriksaan Payudara - Video “SADARI”)

Pemeriksaan dilakukan rutin tanpa menunggu adanya keluhan. SADARI sekali sebulan sejak akil baligh. SADANIS setidaknya sekali setahun sejak usia 25 tahun. USG payudara 1-2 kali setahun sejak usia 30 tahun. Mammografi 1-2 kali setahun sejak usia 40 tahun. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” Skrining dan Pemeriksaan Payudara); (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Alur Pemeriksaan Kelainan Payudara - Video “Pastikan Diagnosis Dulu Sebelum Operasi” oleh Dr. dr. R. Yohana, Sp.B.(K)Onk.)

SADARI mulai dilakukan sejak seorang anak perempuan akil baligh, seterusnya seumur hidup. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Skrining dan Pemeriksaan Payudara - Gambar dengan keterangan singkat “Siapa yang harus melakukan SADARI?”)

Dengan melakukan skrining payudara. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Skrining dan Pemeriksaan Payudara - Video “SADARI: Pemeriksaan Payudara Sendiri” - Video Empower Her “Deteksi Dini Kanker Payudara”)

Gaya hidup sehat menurunkan risiko terkena kanker. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Gaya Hidup Sehat Menurunkan Risiko Terkena Kanker)

Gejala yang umum dirasakan penderita yaitu benjolan, gejala-gejala lain yaitu perubahan kulit payudara seperti jeruk purut, puting susu tertarik kedalam, lesung pada payudara, luka disekitar puting susu, keluar cairan bercampur darah dari puting susu, perubahan ukuran mendadak kedua payudara. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Kelainan Payudara)

Kista bukan tumor atau kanker. Kista simpel payudara kebanyakan tidak berbahaya. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Kelainan Payudara - Gambar dengan keterangan singkat “Samakah kista dengan tumor?”)

Istilah yang biasa digunakan pada penderita kanker bukanlah sembuh namun angka haarapan hidup. Makin dini stadium kanker saat terdiagnosis, semakin besar kemungkinan angka harapan hidupnya. Pasien kanker juga tetap dapat menjalani kehidupan normal selama menjalani pengobatan atau setelah selesai menjalani pengobatan. (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Prinsip Pengobatan Kanker Payudara - Gambar Tabel Angka Harapan Hidup Pasien Kanker Payudara (Dengan Pengobatan Standar), Bergantung Pada Stadium); (Lihat Ruang “Kalahkan Kanker Payudara” - Menghadapi Diagnosis Kanker - Video dengan judul “Kehidupan Pasca Terapi Kanker Payudara”)

Faktor resiko kanker payudara diantaranya yaitu jenis kelamin perempuan, usia, usia haid pertama, kehamilan, penggunaan pil KB, penggunaan oabt hormon, berat badan berlebih, rokok, konsumsi alkohol, keturunan, radiasi. (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Faktor Risiko Kanker Payudara)

Tumor terbagi atas tumor jinak dan tumor ganas. Tumor ganas bernama lain kanker (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Kelainan Payudara - Gambar dengan keterangan singkat “Apa beda tumor dengan kanker?”)

Tumor adalah benjolan yang timbul pertumbuhan sel yang terganggu (Lihat Ruang “Jaga Kesehatan Payudara” - Anatomi payudara dan proses terjadinya tumor payudara - video Anatomi Payudara)

Telusuri Konten MammaSIP

Temukan video, artikel, brosur, rekomendasi buku & banyak konten menarik tentang kesehatan payudaramu Sahabat MammaSIP


  Berita Terkini

Webinar MammaSIP - Kenali Payudara, Sayangi Dirimu. 6 Maret 2022.

Diposting 24 March, 2022, 15:21:17

Breast Cancer - Interview With SEA Today. 3 Februari 2022

Diposting 24 March, 2022, 15:11:39

10th Asia- Pacific Breast Cancer Summit (APBCS) 2022

Diposting 22 January, 2022, 14:14:48

ESMO Breast Cancer 2022

Diposting 22 January, 2022, 08:47:54

logo mammasip

Ketahui kondisi tubuh serta pakai Ruang untuk jurnal pribadimu

Unduh Gratis MammaSIP Sekarang!

google play
MammaSIP © Copyright 2022